Bagi orang tua tentu sangat di wajibkan memberikan dana pendidikan bagi sang buah hati, salah satu cara terbaik adalah mendaftarkan asuransi pendidikan anak. Nah pada hari ini IDulasan akan merekomendasikan dan tips memilih asuransi pendidikan terbaik 2019, Simak penjelasannya sebagai berikut.

Pendidikan anak merupakan hal yang harus di perhatikan oleh setiap orang tua, karena pendidikan sangat perpengaruh bagi masa depan anak. Indonesia sendiri bisa di katakan salah satu negara yang pendidikannya minim perhatian. meskipun tercatat banyak sarjana pendidikan di negri ini, namun sejumblah anak-anak yang putus sekolah masih terbilang cukup banyak. 

Bukan lain hal ini di karenakan tingginya biaya pendidikan yang harus di keluarkan, mungkin ini tidak jadi masalah besar bagi kalangan masyarakat kelas atas, namun bagai mana dengan masyarakat kelas menengah kebawah? ya tentu ini adalah menjadi faktor utama anak putus sekolah karena tidak ketersediaan biaya sekolah.

Coba anda perhatikan, Dari tahun ke tahun biaya pendidikan sekolah selalu naik hingga 10-20%. salah satu solusi terbaik agar anak anda bisa sekolah sampai ke Universitas tinggi adalah dengan memiliki polis asuransi pendidikan terbaik untuk anak. 

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Asuransi Pendidikan hanya di khususkan untuk produk Pendidikan saja, dengan Asuransi Pendidikan Anak, pihak perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan dengan menangung biaya pendidikan anak. terutama jika orangtua meninggal dunia, baik itu karena sakit atau kecelakaan. sehingga anda sebagai orangtua tidak perlu takut lagi biaya pendidikan anak tidak terpenuhi.

Perbedaan asuransi pendidikan dengan Tabungan pendidikan


Ada dua macam pendidikan anak yaitu Asuransi pendidikan anak dan tabungan pendidikan, namun perlu di ketahui jika keduannya memiliki perbedaan walau tujuannya sama, apa saja sih perbedaan dari keduannya, mari simak di bawah ini.

1. Asuransi pendidikan


Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2019

Asuransi pendidikan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, bukan bank. Bank hanya berperan sebagai penyalur atau agen asuransi tersebut. Tak hanya sebagai dana pendidikan anak, asuransi pendidikan juga memiliki keuntungan lebih karena adanya investasi di dalamnya. Besarnya keuntungan dari asuransi pendidikan ini tidak bisa ditentukan secara pasti karena hitungan tergantung dari jenis pilihan investasi yang anda pilih, mulai dari reksa dana, obligasi, pasar uang, dan lain sebagainya.


Meski keuntungan investasinya tinggi, bahkan bisa berlipat, tapi di balik itu ada resiko yang tinggi juga sehingga anda harus cerdas dalam memilih jenis investasinya. Keuntungan lainnya dari asuransi pendidikan ini terletak dari nilai perlindungan atau proteksi yang dibilang tidak terbatas karena besaran jumlahnya tergantung pada premi yang anda bayarkan.

2. Tabungan pendidikan


Asuransi Pendidikan

Sementara untuk tabungan pendidikan adalah produk yang dikeluarkan oleh bank sehingga ada jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Sedangkan untuk tabungan pendidikan, keuntungan yang didapat sudah pasti dari bunga tabungan pendidikan tersebut. Sedangkan tabungan pendidikan perlindungannya lebih terbatas karena premi untuk perlindungan dibayarkan oleh bank sehingga jumlah pertanggungannya terbatas. Tapi jika dinilai dari segi resiko, tabungan pendidikan lebih minim resikonya.

Itulah Perbedaan asuransi pendidikan dengan Tabungan pendidikan. Memilih asuransi pendidikan anak harus sangat teliti dan jeli jangan sampai tergiur apa yang di tawarkan, untuk memilih asuransi pendidikan terbaik, kami telah memberikan tips yang bisa anda simak di bawah ini.

Tips memilih asuransi pendidikan terbaik


1. Mengenali produk dengan detail

Secara umum, produk asuransi pendidikan anak terbagi menjadi dua, yakni asuransi pendidikan murni dan asuransi pendidikan unit link. Untuk asuransi pendidikan murni atau sering dikenal dengan nama asuransi pendidikan tradisional atau dwiguna yang di dalamnya hanya terdapat asuransi pendidikan untuk anak dan lainnya sehingga jaminannya sebesar target dana yang akan cair.


Sementara asuransi pendidikan unit link merupakan gabungan dari perlindungan asuransi dan investasi sehingga ketika orangtua meninggal dunia, maka anak tak hanya mendapat jaminan dana pendidikan saja, tapi juga hasil investasinya. Pihak asuransi biasanya akan menyarankan kamu untuk memilih asuransi pendidikan jenis unit link karena dengan premi yang lebih murah, keuntungan yang didapat bisa lebih besar. Namun angsurannya lebih lama dari asuransi pendidikan murni.

2. Pahami resiko yang akan diterima

Tapi ingat Moneysavers, jangan mudah tergiur dulu dengan pihak asuransi yang mengklaim menawarkan asuransi pendidikan terbaik. Kamu harus mengetahui juga resiko yang akan diterima nantinya. Misalkan saja berapa lama kotrak yang akan dijalankan, apa yang akan terjadi jika kamu nantinya berhenti di tengah jalan, dan lain sebagainya.

Asuransi Pendidikan Anak

Jadi saat menerima polis dari pihak asuransi, baca dengan baik-baik dan jika ada hal yang mengganjal atau ingin kamu tanyakan, jangan ragu untuk langsung bertanya karena jangka waktu asuransi pendidikan terbaik ini berlangsung dalam hitungan lebih dari lima tahun.

3. Ketahui biaya-biaya yang akan dikenakan

Selain mengetahui resiko-resiko yang akan diterima pemegang polis, kamu juga harus mengetahui biaya-biaya yang akan dikenakan, mulai dari biaya premi, administrasi, denda pembayaran keterlambatan, hingga biaya untuk investasi di dalamnya.

4. Membeli asuransi pendidikan terbaik sejak anak masih berusia dini

Ketika akan memilih asuransi pendidikan terbaik, sebaiknya kamu lakukan ketika akan masih berusia dini. Semakin bertambah usia anak, maka premi yang ditawarkan pasti akan semakin mahal. Jumlah premi ini tidak akan bertambah selama masa kontrak yang tertera pada polis asuransi.

Baca Juga : Pengertian Premi Asuransi


Misalkan saja, kamu membeli asuransi pendidikan terbaik untuk anak berusia 2 tahun dengan masa kontrak selama 10 tahun dengan premi Rp 300 ribu, maka selama 10 tahun premi yang dibayarkan akan tetap sama. Jika kamu menunda membeli asuransi pendidikan hingga anak berusia 8 tahun, meski masa kontraknya sama-sama 10 tahun, premi yang harus dibayarkan akan jauh lebih tinggi.

5. Ukur kemampuan finansial

Setiap orangtua pasti selalu menginginkan yang asuransi pendidikan terbaik untuk anaknya. Tapi bukan berarti kamu tidak mengindahkan kondisi finansial keluargamu. Sebelum membeli asuransi pendidikan terbaik, ada baiknya kamu melakukan perhitungan terlebih dahulu. Berapa jumlah kisaran dana yang bisa kamu sisihkan untuk dana asuransi pendidikan.

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2019


Selain 5 Poin di atas yang perlu anda perhatikan, masih ada satu lagi yang perlu di perhatikan saat akan memilih asuransi pendidikan terbaik, yaitu memilih jasa asuransi yang tepat dengan kredibilitas dan tingkat kepercayaan yang tinggi. Hal ini bisa dilihat dari rekam jejaknya, proses pencairan klaim yang mudah, hingga customer service atau agen asuransi yang mudah dihubungi ketika ada kendala.

Biasanya perusahaa asuransi pendidikan anak terbaik akan mencicilkan iuran hingga selesai jangka waktu sesuai perjanjian yang sudah di sepakati jika pemegang polis meninggal dunia, dan mengeluarkan dana pendidikan kepada anak dalam setiap jenjang pendidikan sampai lulus perguruan tinggi. Itulah salah satu kriteria memilih asuransi pendidikan anak terbaik yang perlu anda pelajari.

Dan di bawah ini kami telah menyediakan rekomendasi asuransi pendidikan anak terbaik, mulai dari asuransi pendidikan prudential, asuransi pendidikan manulife, asuransi pendidikan bri DLL, Yuk simak Daftarnya di bawah ini.

Asuransi Pendidikan Prudential


Asuransi Pendidikan

Anda pasti sudah tidak asing dengan perusahaan asuransi yang sudah berdiri sejak tahun 1995 ini. Tak hanya terkenal akan asuransi jiwa dan juga kesehatannya, Prudential Indonesia juga terkenal akan asuransi pendidikan terbaik nya.

Produk asuransi pendidikan terbaik yang ditawarkan adalah PRUmy child yang akan memberikan anak perlindungan sejak dalam kandungan hingga dewasa, mulai dari perlindungan kesehatan, finansial, hingga pendidikan. Selain itu ada PRUlink edu protection yang memberikan perlindungan sekaligus investasi yang nantinya bisa digunakan sebagai santunan dana saat terjadi resiko.

Asuransi Pendidikan Bumiputera


asuransi pendidikan manulife

AJB Bumiputera 1912 atau yang lebih dikenal dengan nama asuransi Bumiputera ini memiliki produk asuransi pendidikan yang diberinama Mitra Beasiswa dan Mitra Cerdas. Mitra Beasiswa akan memberikan perlindungan anak serta biaya pendidikan mulai dari TK, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Sementara untuk produk Mitra Cerdas adalah produk asuransi pendidikan yang tak hanya menyediakan biaya pendidikan, tapi juga investasi di dalamnya.

Asuransi Pendidikan Manulife


Asuransi Pendidikan Terbaik
Lalu ada Manulife yang menawarkan produk asuransi pendidikan ProGraduate. Asuransi pendidikan terbaik dari Manulife ini akan membantu anak mempersiapkan dana pendidikan mulai masuk perguruan tinggi hingga berusia 23 tahun dengan total dana pendidikan hingga sebesar 250% dari jumlah uang pertanggungan. 

Jangka waktu pembayaran yang ditawarkan mulai dari 5, 10, hingga 15 tahun sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Perusahaan yang berkantor pusat di Kanada ini dikenal cukup mudah dalam klaim dan memiliki permodalan yang kuat. Kamu bisa datang ke kantor Manulife di Sampoerna Square (Sudirman)  dan mencari agen yang ingin kamu temui.

Sun Life Financial


Sun Life Financial
Asuransi pendidikan dari Sun Life Financial yang bekerjasama dengan Bank BNI. Produk asuransi pendidikan terpercaya yang ditawarkan adalah Academy Cash. Sun Life Financial akan menyediakan dana pendidikan untuk jenjang SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi dengan jangka waktu pembayaran yang bisa disesuaikan. Masa perlindungan yang diberikan hanya dari usia 11 sampai 17 tahun (pada saat masuk universitas).

Asuransi pendidikan Allianz


Asuransi pendidikan Allianz

Tak berbeda jauh dengan tiga perusahaan asuransi di atas, Allianz juga punya produk asuransi pendidikan  yang dinamakan My Education. Dana pendidikan yang diberikan Allianz ini nantinya tidak akan diberikan sekaligus, tapi secara bertahap sesuai dengan kesepakatan pemegang polis.

Misalkan pada saat anak berumur 12 tahun akan diberikan 20% uang pertanggungan, 18 tahun diberikan 50% uang pertanggungan, dan di saat usia 23 tahun akan diberikan 30% dari total uang pertanggungan. Berhubung dibayarkan secara bertahap, maka uang pertanggungan untuk asuransi pendidikan jumlahnya lebih besar dibanding asuransi jiwa.

Berikut adalah daftar asuransi pendidikan terbaik 2019 yang dapat kami sampaikan, apabila ada salah kata dan penjabaran yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. IDulasan

Post a Comment