Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah - Dari dulu hingga kini, Surat izin tidak masuk sekolah masih tetap di pergunakan bagi siswa/siswi sd, smp dan sma. Saat kita sedang berhalangan untuk pergi kesekolah di karenakan sakit, berpergian dan lain sejenisnya, kita harus membuat surat izin tidak masuk sekolah.

Membuat surat izin sekolah sd, surat izin sakit sekolah smp, surat izin sakit sekolah smk adalah bertujuan untuk menghindari terkena Hukuman atau Alpa, namun dalam membuat surat izin, kita juga harus menentukan berapa hari masa berlaku dari surat izin tidak masuk sekolah tersebut, usahakan jangan terlalu lama dan maksimalnya adalah 3 hari saja.


Baca Juga : Contoh Pidato Narkoba Kalangan Pelajar


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Selain membuat surat izin tidak masuk sekolah, sebenarnya ada metode lain yang juga sangat ampuh terhindar dari hukuman sekolah, yaitu kita menyuruh orang tua kita/wali murid untuk datang langsung ke sekolah dan menjelaskan mengenai apa yang sedang terjadi ke diri kita. sehingga pihak sekolah tidak akan memberikan sangsi apapun ke kita karena dengan alasan yang tepat.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah


Membuat surat izin sakit atau surat izin tidak masuk sekolah adalah hal yang sangat mudah, walaupun demikian ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembuatannya seperti tanda baca yang benar, penggunaan bahasa yang sopan dan baik dan lain sebagainnya. Nah, Berikut ini IDulasan telah menyiapkan beberapa contoh surat izin sekolah karena sakit yang bisa kamu gunakan sebagai refrensi dalam menulis surat izin resmi sebagai berikut:


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SD


Lampung, 12 Juli 2019

Kepada
Yth. Bapak/Ibu guru (Wali kelas VI B) SD N 1 Sruweng
di- Tempat

Dengan hormat

Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Muhammad al Fatih
Kelas : VI B SD N 1 Sruweng
Alamat : Jl Melati No 32, Sruweng

Memberitahukan bahwa putra saya tersebut tidak bisa hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, selasa 10 Oktober 2017 dikarenakan sakit diare sehingga diharuskan untuk menjalai rawat inap di Rumah Sakit Islam Sruweng.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Suhermanto

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMP


Lampung, 12 Juli 2019

Kepada :

Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 2A
SMP N 6 Karanganyar

Ditempat

Dengan hormat
Saya wali murid dari siswa yang bernama :

Nama   : Ibrahim Al Fattah
Kelas    : 2A SMP N 6 Karanganyar
Alamat :  Jln . Mastrip no 20, Karanganyar

Memberitahukan bahwa anak kami tidak bisa masuk sekolah seperti biasa pada hari ini , Rabu 12 Oktober 2017 dikarenakan menghadiri undangan pernikahan saudara di Solo .

Oleh sebab itu sudilah Bapak/ibu guru untuk memberikan izin kepada anak kami . Demikian surat ini saya buat , atas perhatian yang telah Bapak/ibu guru berikan, saya ucapkan terima kasih .

Hormat saya

( Tanda tangan )

( nama wali murid )


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah SMA


Lampung, 12 Juli 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-A
SMAN 1 Labuhan Maringgai

Dengan hormat,


Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :


Nama : Deni Setiawan

Siswa : Kelas X-A. SMA N 1 Labuhan Maringgai
Alamat : Jl. Ahmat Yani 002, Labuhan Maringgai, Lampung Timur

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis 12 April 2018 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-A agar memberikan izin.


Demikia yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid
Arman


Cara Membuat Surat Izin Sekolah 


Cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar, Setidaknya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu pengirim surat, alasan kenapa membuat surat izin sekolah, serta tujuan dari surat izin tersebut. Berikut pembahasan lengkapny:

1. Pengiriman Surat Izin

Pengirim surat izin sekolah haruslah memuat informasi siapa yang mengirim surat tersebut yang di tulis dengan jelas. Umumnya dalam sebuah surat izin sekolah sd, smp, sma nama pengirimnya juga harus mencantumkan nama wali atau orang tua dari siswa/siswi yang berhalangan tidak masuk sekolah tersebut.

2. Alasan Dalam Surat Izin

Pada isisurat izin tidak masuk sekolah juga harus menjelaskan kenapa siswa/siswi tidak masuk sekolah, misalkan sakit, berpergian atau lain sebagainya. 

3. Tujuan Untuk Siapa Surat Izin Dibuat

Bagian ini memuat informasi kepada siapa surat izin sekolah tersebut akan di berikan. Apakah untuk Bapak/Ibu Kepala Sekolah atau kepada wali kelas. Umumnya sebuah surat izin sekolah ditujukan kepada wali kelas siswa yang bersangkutan.

Surat izin sekolah termasuk kategori surat resmi. jadi dalam membuat surat resmi tentu kita juga harus memakai sebuah format standar surat resmi. Berikut ini merupakan poin-poin penting yang harus kamu sertakan dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah yang benar:

  √ Tanggal Surat 
  √ Alamat Surat
  √ Salam Pembuka
  √ Kalimat Pembuka Surat
  √ IsiSurat
  √ Salam Penutup
  √ Nama Pengirim

Beberapa hal di atas merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah surat izin. jadi saya rasa juga shabat idulasan juga sudah memahaminya ya. oke itulah Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang dapat kami sediakan di kesempatan hari ini. semoga apa yang kami berikan dapat mempermuda kalian dalam menulis surat izin tidak masuk sekolah.

Post a Comment